Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi anda yang tengah mengalami penyakit darah tinggi maka inilah cara alami menurunkan tekanan darah tinggi yang terbukti ampuh dan manjur tanpa efek samping. Sehingga sangat layak untuk anda coba.

Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah

Tidak semua penyakit darah tinggi ( hipertensi ) ditangani dengan mengkonsumsi obat-obatan. Iya ! karena saat ini ada berebagai macam cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa anda coba lakukan mulai dari sekarang. Lantas, bagaimana cara alami menurunkan tekanan darah tinggi ? Ingin tahu seperti apa ? simak lebih lengkapnya dalam artikel ini !

Cara Alami Menurunkan Darah Tinggi ( Hipertensi )

Mengubah gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari menjadi kunci utama yang bisa anda lakukan guna menurunkan tekanan darah tinggi tanpa harus mengkonsumsi obat. Jika memang anda sudah diresepkan obat oleh dokter, tapi cara alami ini tetap dapat anda jadikan sebagai terapi untuk menormalkan tensi tanpa harus takut risiko efek samping.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang memiliki berat badan berlebihan ( obestitas ), sebaiknya mulailah dari sekarang menurunkan berat badan. Badan gemuk merupakan salah satu pertanda bahwa tubuh anda dipenuhi dengan tumpukan lemak. Nah, tumpukan lemak inilah yang membuat peredaran darah menjadi tidak lancar. Hal ini yang kemudian membuat tekanan darah menjadi naik atau tinggi.

  1. Pilih Makanan Yang Tepat

Kini anda tidak boleh mengkonsumsi makanan dengan sembarangan guna mencegah terjadinya keparahan akibat penyakit darah tinggi yang anda derita. Nyatanya, makanan yang anda konsumsi bisa mempengaruhi tekanan darah. Hindarilah mengkonsumsi makanan asin dan yang berlemak tinggi, serta batasi mengkonsumsi makanan kemasan.

Sebagi gantinya, anda bisa mengkonsumsi makan yang kaya akan vitamin dan serat seperti, sayur dan buah-buahan, kacang dan biji-bijian, serta gandum utuh.

  1. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Olahraga merupakan salah satu cara paling ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat olahraga ini sendiri ternyata sama baiknya dengan anda mengkonsumsi obat hipertensi.

Guna mendapatkan hasil yang maksimal anda harus melakukan olahraga secara  teratur. Pada umunya para penderita darah tinggi hanya membutuhkan waktuk sekitar 1-3 bulan olahraga teratur supaya berdampak positif pada tekanan darah.

Lantas, olahraga apa yang harus anda lakukan ? Bagi anda yang baru mau menerapkan hidup sehat dengan olahraga, anda bisa memulainya dengan melakukan olahraga yang ringan, seperti berjalan-jalan santai di lingkungan rumah atau bersepeda.

Sempatkan juga untuk melakukan aktivitas rumah tangga sendiri agar anda lebih aktif, seperti menyapu, mengepel atau berkebun. Hal yang harus anda ingat adalah meninggalkan kebiasaan hidup yang malas bergerak.

  1. Kelola Stres Dengan Baik

Stres merupakan salah satu faktor yang dapat menghabat aliran darah serta meningkatkan tekanan darah. Semakin sering anda mengalami stres, maka akan semakin sering juga tekanan darah tinggi anda kambuh. Stres memang hal yang sangat wajar, namun hal yang terpenting adalah anda harus bisa mengelolahnya dengan baik.

Untuk menghilangkan stres, anda bisa meluangkan sedikit waktu untuk merilekskan tubuh dan pikiran dengan melakukan hal-hal yang anda sukai. Misalnya dengan berendam air hangat, ajak jalan-jalan peliharaan anda, atau pergi berlibur ke taman rekreasi.

  1. Batasi Mengkonsumsi Minuman Yang Berkafein

Teh, kopi, soda dan coklat merupakan minuman yang mengandung kafein yang dapat merangsang tubuh menghasilkan berbagai hormon yang dapat mempengaruhi tekanan darah. Guna menghidari tekanan darah tinggi sebaiknya anda membatasi meminum-minuman ini.

Anda bisa mengganti minuman berkafin tadi dengan meminum susu atau jus buah yang mengandung vitamin dan mineral yang banyak. Hal ini merupakan salah satu cara dalam menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Baca Juga : Gejala Darah Tinggi Di Usia Muda

Nah, itu dia beberapa cara alami menurunkan tekanan darah tinggi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa menabah pengetahuan kita. Terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana ini.

~ SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA LEKAS SEMBUH ~

Post By : Obat Mata Minus Alami

1 Trackback / Pingback

  1. 7 Jenis Makanan Penurun Darah Tinggi Yang Wajib Dikonsumsi !

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*