Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Bawang Putih

Bagi anda yang sedang mencari solusi untuk menurunkan kolesterol, maka ini cara menurunkan kolesterol tinggi dengan bawang putih yang sedang anda cari. Dimana cari ini bisa anda praktekan dan lakukan sendiri dirumah. Ingin tahu seperti apa ? Simak artikel berikut.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Bawang Putih

Kolesterol adalah zat berlilin yang terdapat pada saluran sel tubuh. Pasalnya, kolesterol sendiri merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan hormon, vitamin D dan produk penting lainnya. Kolesterol tinggi bisa terjadi karena adanya pengendapat kolesterol dalam pemuluh darah yang mana hal tersebut bisa menyebabkan serang jantung dan stroke.

Sebenarnya kolesterol sangat dibutuhkan tubuh agar bisa berfungsi dengan normal, namun jika kadar kolesterol dalam tubuh tinggi maka hal tersebut bisa mengganggu fungsi tubuh dan dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya.

Dari beberapa cara yang dapat anda lakukan guna menurunkan kadar kolesterol tinggi agar tetap normal atau stabil, bawang putih bisa menjadi solusi paling ampuh dalam menurukan kolesterol anda.

Kandungan Nutrisi Bawang Putih

Bawang puting yang memiliki bau menyengat ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh salah satunya untuk menurunkan kolesterol tinggi. Dan berikut ini adalah beberapa kandungan bermanfaat yang terdapat dalam bawang putih, diantaranya :

Zat Aliin

Bawang putih yang masih mentah memiliki kandungan senyawa sulfur (aliin). Setelah bawang dihaluskan, maka zat aliin ini akan terpecah menjadi beberapa asam piruvat, alisin dan senyawa amonia. Dimana senyawa-senyawa tersebutlah yang menimbulkan bau menyengat dari bawang putih.

Senyawa Alil

Selain mengandung senyawa aliin, bawang putih juga mengandung senyawa alil yang bersifat mengobati. Pada umumnya senyawa alil ini sangat efektif digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit degeneratif sekaligus meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru.

Beta Karoten

Beta Karotren merupakan senyawa yang banyak ditemukan dalam jenis buah-buahan dan sayuran, dimana saat senyawa tersebut bisa diubah menjadi vitamin A sehingga banyak orang yang menyebut bahwa beta karoten ini sebagai vitamin A.

Beta karoten yang terkandung dalam bawang putih ini mampu mengatasi darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol tinggi, mengatasi gangguan malabsorpsi, diare, penyakit liver dan berbagai jenis penyakit lainnya.

Niacin

Niacin atau vitamin B3 juga ada dalam bawang putih yang sangat berguna untuk mempertahankan aliran darah sehat, menurunkan dan mengendalikan kolesterol, membantu saluran cerna dan masih banyak manfaat lain dari niacin tersebut.

Asam Folat

Asam folat merupakan zat yang memiliki banyak fungsi bagi tubuh, salah satunya untuk memproduksi DNA, pembentukan sel darah merah, menurunkan kada kolesterol dan berbagai masalah pada tubuh lainnya yang juga terdapat dalam bawang putih.

Selain beberapa kandungan seperti diatas, bawang putih juga memiliki kandungan lain, seperti :

  • Magnesium
  • Protein
  • karbohidrat
  • Vitamin C
  • Fosfor
  • Selenium
  • Mangan
  • Asam pantotenat
  • Riboflavin
  • Thiamin
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Vitamin B6

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Bawang Putih

Bawang Puting, Terong dan Pare

Memang banyak cara yang bisa anda lakukan guna menurunkan kolesterol tinggi salah satunya dengan menggunakan bawang putih. Berikut ini beberapa cara mengkonsumsi bawang putih untuk menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat, aman dan tanpa efek samping.

  1. Bawang Putih Tanpa Campuran

Sudah sejak lama kandungan alicin yang ada dalam bawang putih digunakan sebagai antiseptik untuk menyembuhkan luka pada saat perang dunia ke 1. Sedangkan untuk saat ini, bawang putih menjadi pengobatan tradisional diseluruh dunia untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit termasuk kadar kolesterol tinggi.

  • Kupas beberapa siung bawang putih kemudian rebus sebentar
  • Setelah direbus lalu haluskan bawang putih dengan blender, tetapi anda tidak boleh menghaluskan bawang terlalu kental. anda bisa mengkonsumsi bawang ini secara rutin.
  • Untuk jalan alternatif lainnya, anda bisa mengiris beberapa siung bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci bersih
  • Tanpa menghaluskannya terlebih dahulu atau tanpa mengunyahnya, jadi anda harus langsung menelan irisan bawang putih tersebut seperti obat.
  1. Bawang Puting, Terong dan Pare

Selain cara diatas, kini anda bisa mengkombinasikan bawang putih dengan terong dan pare sangat baik jika dikonsumsi secara teratur untuk menurunkan kadar kolesterol sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  • Campurkan 3 siung bawang putih dengan 2 buah pare dan 1 buah terung ungu dengan ukuran sedang kemudian haluskan dengan 1/2 gelas air
  • Anda bisa meminum jus ini sebanyak 1 gelas setiap hari dan lakukan dengan teratur antara 3-7 hari.
  1. Bawang Putih Dan Lemon

Selain bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka, ternyata lemon dan bawang putih juga bisa dibuat menjadi ramuan untuk menurunkan kadar kolesterol. salain itu, kedua bahan tersebut juga bisa digunakan untuk menguatkan dinding pembuluh darah, membersihkan pembuluh darah dan juga menurunkan risiko aterosklerosis.

  • Kupas 4 siung bawang putih dan bersihkan 4 buah lemon ukuran sedang dengan campuran ari dan cuka
  • Potong-potong buah lemon dan rendam dengan air mendidih
  • Haluskan bawang putih dengan blender dan campurkan air rendaman lemon pada wadah kedap udara
  • Setelah dingin, tutup rapat dan simpan dalam lemari es selama 3 hari
  • Untuk hari pertama anda bisa mengkonsumsi sebanyak 1-2 sendok makan sebelum makan
  • Lakukan cara ini selam 40 hari berutur-turut agar kadar kolesterol dalam tubuh bisa kembali stabil
  1. Bawang Putih Dicampur Masakan

Sebagai langkah sederhana lainnya yang bisa anda lakukan guna menurunkan kadar kolesterol dengan mengkonsumsi bawang putih adalah sebagai berikut. Siapkan 1-3 siung bawang putih, anda bisa menggunakan bawang yang masih mentah atau dimasak terlebih dahulu untuk mencapurnya kedalam masakan.

Baca Juga : Cara Mengolah Daun Salam Untuk Obat Kolesterol Tinggi

Nah, itulah beberapa cara menurunkan kada kolesterol dengan bawang putih. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda, terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami ini.

~ SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA LEKAS SEMBUH ~

Post By : Obat Mata Minus Alami

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*