Makanan Penurun Darah Tinggi

Selain mengkonsumsi obat yang diresepkan dokter atau obat hipertensi alami, orang sakit darah tinggi (hipertensi) juga bisa mengkonsumsi makanan tertentu guna menurunkan tekanan darah tinggi dan berikut ini adalah daftar makanan penurun darah tinggi.

Makanan Penurun Darah Tinggi

Demi menghindari risiko fatal seperti serangan jantung akibat tekanan darah tinggi, kini ada baiknya jika anda mengetahui makanan penurun darah tinggi yang mana boleh dimakan dan yang tidak boleh dikonsumsi. Karena pada dasarnya, tekanan darah yang tinggi bisa disebabkan oleh beberapa makan tertentu.

Makanan yang Wajib dikonsumsi untuk menurunkan darah tinggi

Bagi anda yang tengah menderita hipertensi atau darah tinggi, hanya dengan minum obat saja tidak cukup untuk bisa menurunkan dan mengontrol tekanan darah.

Mungkin beberapa orang terdekat anda sudah merekomendasikan beberapa jenis makanan penurun darah tinggi. Namun, apakah anda sudah mengkonsumsi salah satunya ?

Untuk mengetahuinya, anda bisa menyimak lebih lengkap mengenai makanan apa saja yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi, dan berikut ini beberapa makanan penurun darah tinggi, di antaranya :

  1. Sayuran Hijau

Bayam, kale, lobak hijau, sawi merupakan salah satu sayuran hijau yang mengandung kalium tinggi. Terlebih lagi sayuran hijau juga mengandung kalsium yang juga berguna sebagi salah satu makanan penurun darah tinggi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk selalu mengkonsumsi sayuran hijau setiap harinya guna menurnkan tekanan darah tinggi maupun sebagai makanan pengontrol tekanan darah. Gunakan sayuran yang segar, jangan menggunakan sayuran yang didalam kaleng.

  1. Pisang

Selain enak dan murah ternyata buah pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh termasuk dalam menurunkan darah tinggi. Kenapa bisa ? Karena buah pisang mengandung kalium yang sangat tinggi yang mampu membantu menyimbangi kadar natrium tinggi dalam tubuh anda (penderita darah tinggi), dimana kandungan tersebut dapat membantu anda untuk menurunkan tekanan darah.

  1. Kentang

Kentang merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung kalium dan magnesium yang tinggi. Kedua kandungan tersebut mampu menurunkan tenakan darah tinggi. Pada cara pengolahan kentang, kami menganjurkan anda untuk tidak menambahkan garam.

Karena dengan anda menambahkan garam, justru bisa meningkatkan tekanan darah. Untuk mendapatkan manfaat kenatang sebagai salah satu makanan penurun darah tinggi, anda bisa mengkonsumsi kentang dengan cara merubus atau dipangga tanpa menambahkan garam.

  1. Buah Berry

Sebuah penelitian menunjukan bahwa buah berry dapat mencegah tekanan darah tinggi dan juga bisa digunakan sebagai makanan penurun darah tinggi. Anda bisa mencampurkan buah berry dengan makan lain seperti yogurt atau sereal pagi anda.

  1. Buah Bit

Beberapa penelitian mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi just bit dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satu penelitian telah membuktikan bahwa terjadi penurunan tekana darah setelah 6 jam mengkonsumsi just bit.

Mengapa bisa ? Karena kandungan nitrat yang terdapat didalam buat bit mampu menjadi salah satu sumber makanan penurun darah tinggi. Anda bisa mengkonsumsi buah bit dengan cara di just atau dimasaka dengan cara dipanggang dan dikukus.

  1. Ikan

Penelitian menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi ikan berlemak seperti salmon, sebanyak 3 kali dalam seminggi bisa menurunkan tekanan darah tinggi selama 8 minggu. Namun, yang harus anda perhatikan ialah pada saat mengolahnya.

Apakah anda akan menambahkan garam atau tidak ? dengan anda menambahkan garam justru dapat meningkatakan tekanan darah tinggi. Sebaiknya anda hanya mengkonsumsi garam maksimal 6 gram setiap harinya yang bertujuan untuk membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

Selain itu, anda juga bisa memasak ikan dengan cara mengoleskannya dengan menggunakan minyak zaitun lalu tambahakan dengan lada hitam, kemudian panggang ikan tersebut hingga matang.

  1. Cokelat

Pastinya anda baru tahu bahwa cokelat bisa meurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi coklat yang kaya akan flavonoid ternyata dapat membantu anda dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandung flavonoid dalam dark chocolate sangat berhubungan dengan pembentukan oksida nitrat yang dapat memperlancar aliran darah, yang hasilnya dapat menurunkan tekanan darah.

Nah, itulah beberapa jenis makanan penurun darah tinggi yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari guna meringankan gejala sekaligus membantu prosese penyembuhan penyakit. Dan yang tidak kalah penting adalah penderita tekanan darah tinggi harus menghindari makanan yang dapat memicu tingginya tekanan darah.

Baca Juga : Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Demikianlah informasi singkat mengani makanan penurun darah tinggi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sedrhana kami ini.

~ SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA LEKAS SEMBUH ~

Post By : Obat Mata Minus Alami

1 Trackback / Pingback

  1. Hindari ! 12 Pantangan Makanan Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*